Whatsapp

Tips Khusus Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Anda mungkin mempunyai mobil yang dikendarai secara khusus saat keadaan tertentu, seperti ke acara pernikahan bersama keluarga, off-road, dan lain-lain. Perlu diketahui, ketika Anda memiliki mobil jarang dipakai, anda perlu merawatnya sama dengan Anda merawat mobil yang digunakan sehari-hari karena digunakan atau tidak, komponen mobil dan perintilannya akan kehilangan fungsinya meskipun mobil tersebut jarang dipakai.

Maka dari itu, Anda perlu memperhatikan kondisi mobil tersebut sama dengan mobil yang Anda pakai sehari-hari. Lalu bagaimana caranya agar mobil Anda yang dipakai hanya untuk kondisi-kondisi tertentu tetap terjaga dan terawat? Ada 6 tips sebagai cara merawat mobil yang jarang dipakai.

1. Bersihkan Mobil

Hal utama yang bisa Anda lakukan untuk merawat mobil jarang dipakai adalah dengan membersihkan mobil baik bagian dalam maupun luarnya. Gunanya, untuk menjaga mobil dari serangga dan tikus yang berkemungkinan merusak spare-part mobil karena kekotoran yang menarik perhatian mereka. Debu-debu juga mampu membuat mobil berkarat, sehingga komponen mesin mobil bisa terkena kerusakan akibat mobil jarang dibersihkan.

2. Nyalakan / Panaskan Mobil

Memanaskan atau Menyalakan mobil jarang dipakai secara berkala memiliki banyak manfaat yang baik. Ketika mobil dinyalakan dan Anda membiarkan mobil tersebut menyala selama beberapa waktu, terjadi sirkulasi di dalam mesin mobil sehingga menjaga cairan-cairan menggumpal di dalam mesin. Selain itu, hal ini juga bertujuan agar alternator bekerja optimal dalam pengisian aki sehingga komponen kelistrikan tidak tekor.

3. Cabut Aki Untuk Menghindari Korosi

Mencabut Aki pada mobil jarang dipakai selain menjaga komponen kelistrikan tetap normal, juga menghindari korosi pada aki tersebut. Agar tetap terawat, sebaiknya sambungannya dilepas dulu dan disambungkan kembali ketika Anda akan menggunakan mobil tersebut.

4. Tetap Lakukan Servis Mobil Sesuai Jadwal

Menaati kewajiban melakukan servis pada mobil jarang dipakai tentunya menjadi salah satu cara penting untuk menjaga mobil tetap dalam performa yang menawan. Saat melakukan servis rutin pada mobil-mobil yang kurang sering digunakan, sebaiknya meminta pihak bengkel untuk mengecek tekanan pada ban dan bagian bawah mobil dari kerusakan yang terjadi akibat jarang dipakai.

5. Periksa Bagian Mesin

Ketika mobil sudah cukup lama tidak digunakan, sebelum dipakai berkendara sebaiknya Anda memeriksa mesin mobil Anda. Dimulai dari kondisi oli, air radiator, ruang mesin, dan kondisi aki. Ini adalah komponen-komponen penting yang perlu dicek secara berkala dan rutin.

6. Tambahkan Carbon Eliminator Pada Tangki Bensin

Carbon Eliminator berfungsi untuk mengurangi kandungan karbon yang terdapat pada tangki bensin. Karbon yang terbakar secara alami terbakar di dalam tangki bensin bisa mengganggu performa mobil nantinya karena cukup mempengaruhi komponen mobil yang lain.

Selain menggunakan Carbon Eliminator, Anda juga bisa menggunakan Pertamax Turbo untuk meredakan karbon yang terbakar dalam tangki bensin. Kadar karbon pada Pertamax Turbo sangatlah rendah, sehingga selain menjaga tangki, juga membantu menjaga lingkungan dari emisi bahan bakar mobil.

 

sunber: https://mypertamina.id/id/tips-khusus-merawat-mobil-yang-jarang-dipakai/